Jumat, 25 Maret 2016

Dampak Komputer terhadap Perkembangan Bisnis

Bisnis dapat diartikan sebagai serangkaian kegiatan yang berhubungan dengan pembelian ataupun penjualan barang dan jasa dapat dilakukan secara berulang-ulang. Kegiatan bisnis meliputi berbagai bidang seperti industri dan penjualan, industri dasar, industri manufaktur dan jaringan, distribusi, perbankan, transportasi, dan lain sebagainya. Dalam perkembangannya, keuntungan yang besar dapat diperoleh jika ada kerjasama dan manajemen dapat terorganisir dengan baik yang disebut dengan organisasi. Hingga perkembangannya saat ini bisnis berkaitan erat dengan perusahaan, yang mana tujuan didirikannya suatu perusahaan adalah mencari keuntungan yang besar untuk setiap anggotanya. Suatu perusahaan tersusun secara terstruktur dan terdapat pembagian kerja yang jelas untuk setiap anggotanya. 

Pada era globalisasi seperti sekarang
. Perkembangan bisnis akan selalu berkembang masih akan terus berkembang tanpa batas Perkembangan teknologi tidak dapat dihindarkan. Kini hampir di setiap bidang selalu memanfaatkan teknologi informasi, salah satunya di dalam bidang bisnis. (Sukanto Reksohadiprodjo, 1992) menjelaskan bahwa pada hakikatnya setiap perubahan teknologi dapat dikelompokkan dalam 4 bidang, meliputi bidang komputer, bidang transportasi dan komunikasi, bidang energi dan sumber daya alam, dan bidang proses produksi baru.

Melalui perkembangan teknologi khususnya di bidang computer, merupakan potensi yang besar untuk memulai suatu bisnis online. Hal ini terjadi seiring perkembangannya zaman, dimana pada saat ini tren belanja online sedang marak di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Perusahaan-perusahaan yang semula berbasis offline mulai menerapkan bisnis secara online. Perkembangan bisnis online yang sangat pesat dapat mempermudah masyarakat untuk membangun suatu usaha baru, karena dalam bisnis online tidak memerlukan biaya untuk membuat tempat usaha. Media sosial pun kini banyak dimanfaatkan oleh penjual  untuk memasarkan produk yang ingin dijual. 

Bagi perusahaan besar komputer pun mempunyai peranan penting dalam mengelola sebuah data perusahaan. Segala bentuk transaksi, data barang, dan data pegawai dilakukan dengan sistem komputerisasi. Melalui komputer dan juga koneksi internet, suatu perusahaan dapat berkomunikasi dengan perusahaan lain dan juga klien untuk membangun suatu bentuk kerja sama. Keamanan data dari perusahaan pun lebih terjamin dengan sistem yang dibangun pada jaringan komputer perusahaan. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa begitu banyak dampak positif komputer terhadap perkembangan bisnis.

DAFTAR PUSTAKA

Reksohadiprodjo,
Soekanto. 1992. Dampak Perkembangan Teknologi Terhadap Era Bisnis. http://www.halomoney.co.id/. Diunduh tanggal 21/06/2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar